Bahasa Indonesia English
SEKILAS INFOWebsite Resmi Pemkab. Lahat dikelola dan dikembangkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kab.Laha

megalit

Bookmark and Share

'' SITUS TINGGI HARI ''

Kecamatan Pulau Pinang Kabupaten Lahat

 

1. ARCA MANUSIA

   

Arca ini mengambarkan tokoh dengan penutup topi seperti helm tetapi sudah rusak / patah. Arca ini mengambarkan tubuh dan kekar dengan posisi kepala yang agak maju kedepan. Bermata bulat, hidung pesek dan mulut lebar pada kaki dan tangan terdapat gelang.

 

'' Situs Gunung Megang "

Kecamatan Jarai Kabupaten Lahat

2. ARCA MANUSIA

   

Arca ini mengambarkan orang kekar ( Serba Gemuk ) menaklukkan seekor Gajah ( Terlihat Belalai Gajah melingkat pada tangan Arca ini ). Arca Manusia ini membawah pedang di pinggang belakang.

 

3. ARCA MANUSIA

Arca ini mengambarkan orang bertubuh kekar dengan memakai tutup kepala dan mengendarai seekor gajah. Seperti Arca Megalit yang lain. Arca ini mengambarkan seorang Negro ( Negroid ), mata bulat, hidung pesek dan telinggah lebar. Samar - samar terlihat gelang tangan, arca manusia ini terlihat menggendong 2 ( dua ) anak ( terlihat dibawah tekiak kanan kiri tangannya ).

4. LESUNG BATU

Lesung Batu ini mengambarkan tokoh manusia, dimana tokoh tersebut di gambarkan seolah - olah membawah pahatan lesung ini. Fungsi lesung ini tanpaknya erat dengan upacara - upacara pemujaan. Bentuknya seperti perahu, dimana perahu dalam masyarakat prasejarah di kaitkan dengan serana / kendaraan arwa menuju tempat bersemayam arwa bain di gunung atau di bukit yang tinggi.

5. LESUNG BATU DENGAN RELIEF DENGAN KEPALA SEEKOR KAMBING

6. DOLMEN/ BATU BESAR

Dolmen besar dengan panjang 280 cm dan lebar 175 cm dahulunya berada di tengah persawahan       ( diatas air ), di topang 4 buah batu kecil yang berfungsi sebagai kaki. Dolmen ini perkirakan berfungsi upacara yang tertentu yang berkaitan pemujaan / penguburan.

Bupati Kabupaten LAHAT

H. Saifudin Aswari Riva'i, SE

Wakil Bupati Kabupaten LAHAT

Marwan Mansyur, SH, MM
Statistik

2693729

Pengunjung hari ini : 199
Total pengunjung : 453093
Hits hari ini : 1733
Total Hits : 2693729
Pengunjung Online : 8
Ip :
Browser :