RAKOR PERCEPATAN KABUPATEN LAHAT MENUJU KLA

PEMKAB.LAHAT Selasa, 11 Februari 2020 08:45:24 Pemerintahan 21

LAHAT- Rapat Koordinasi Percepatan Kabupaten Lahat menuju Kabupaten/Kota Layak Anak bertempat diruang Op Room Pemerintah Daerah Kabupaten Lahat, Senin 10/2.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Lahat Januarsyah,SH. MM, Kepala OPD, Kepala Badan, Kepala Bagian, Camat Se- Kabupaten Lahat.

Sekretaris Daerah Kabupaten Lahat Januarsyah, SH.MM mengatakan, bahwa untuk menuju Kabupaten Lahat menjadi Kabupaten/Kota Layak Anak, sebagai tindak lanjut dari rapat sebelumnya pihaknya meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk segera melaksanakan gugus tugas yang telah diberikan sesuai dengan klusternya.

Terdapat beberapa item yang menjadi indikator Kabupaten/Kota Layak Anak yaitu dengan penguatan kelembagaan dan Forum Anak harus telah terbentuk disetiap Kecamatan sampai ke Desa/Kelurahan, karena baru di Kecamatan Kota yang telah terbentuk Forum Anak.

“Camat segera berkoordinasi dengan dinas terkait untuk membentuk forum anak di kecamatan disetiap desa/kelurahan dalam upaya mendukung Kabupaten Lahat menuju Kabupaten/Kota Layak Anak,”tuturnya.

Selain itu, sekolah ramah anak, puskesmas ramah anak juga menjadi salah satu indikator kabupaten/kota layak anak, pihaknya meminta untuk disetiap instansi, puskesmas dan sekolah membuat peringatan kawasan bebas asap rokok dan juga harus ada ruang untuk merokok dan ruang laktasi bagi ibu menyusui serta ruang terbuka umum tempat bermain anak.ujar Januarsyah