MARWAN MANSYUR HADIRI RAPAT RKPD DI GRIYA AGUNG PALEMBANG

PEMKAB.LAHAT Kamis, 08 Maret 2018 05:05:36 Pemerintahan 92

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lahat Marwan Mansyur menghadiri Kegiatan Sinkronisasi Arah Kebijakan Pembangunan Pusat dan Daerah untuk Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2019 bertempat di Griya Agung Palembang, Rabu 07/03. Dalam upaya meningkatkan sinergi perencanaan pusat dan daerah untuk mendukung sasaran agenda Prioritas dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2019.

Hadir dalam kesempatan tersebut Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, Pangdam II Sriwijaya, Kapolda Sumsel yang diwakili, Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumsel, Ketua Pengadilan Tinggi Palembang, Instansi terkait, OPD di Lingkungan Provinsi Sumsel, Bupati/Walikota se-Sumatera Selatan, Kepala BAPPEDA Provinsi Sumsel.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dalam sambutannya mengatakan, merumuskan arah kebijakan pembangunan dari Pemerintah Pusat kemudian dijabarkan ke Pemerintah Provinsi dengan dua kunci salah salah satunya Money Follow Program lalu dijabarkan ke 17 Kabupaten/Kota.

Pihaknya telah membuat mudah rumusan arah kebijakan pembangunan khususnya oleh Bappeda Provinsi Sumatera Selatan tentang penjabaran tentang 10 program prioritas pembangunan, apa yang harus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten/Kota, dan ini hasil pembahasan yang disepakati antara Badan Pusat Statistik (BPS), Bank Indonesia (BI) dan Unsur Terkait dalam hal pembangunan.

Jadi angka yang dimintakan oleh Pemerintah Provinsi Sumsel kepada  Pemerintah Kabupaten/Kota itu bukan angka kira-kira, karena angkanya nanti adalah akumulasi dari 17 Kabupaten/Kota dan kita sudah hitung disitu, artinya kebijakan pemerintah pusat yang diperintahkan kepada kita akan terpenuhi.

" tidak sulit untuk menjadi Bupati/Walikota dalam merumuskan arah kebijakan pembangunan, anda ikuti saja ditambah kreativitas serta inovatif pasti angka sasaran prioritas pembangunan Kabupaten/Kota pasti akan terpenuhi ". Katanya

Terpisah Plt Bupati Lahat Marwan Mansyur dalam rapat tersebut mengatakan, tujuan pembahasan ini adalah memastikan bahwa pemerintah daerah dalam hal ini SKPD yang ada Kabupaten/Kota dapat memahami penjabaran sasaran prioritas nasional RKP 2019 di masing-masing daerah.

" Saya menyarankan agar SKPD teknis yang ada di Provinsi Sumatera Selatan untuk dapat melakukan pembinaan terhadap SKPD yang ada di Kabupaten/Kota, sehingga program kegiatan yang menjadi prioritas Provinsi dan Kabupaten Tahun 2019 akan tercapai ". Katanya.