KPU RI & KN JP2B Gelar Audiensi Bahas Penguatan Penyelenggara Pemilu

PEMKAB.LAHAT Rabu, 17 Mei 2017 21:07:16 115

Jakarta, kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melalui Anggota KPU RI, Pramono Ubaid Tanthowi menerima Ketua Umum Komite Nasional Jaring Politisi dan Pemimpin Bersih (KN JP2B), Abdussani dan Bendahara KN JP2B, Fahriansyah untuk membahas isu-isu mengenai penguatan lembaga penyelenggara pemilu, Jakarta (16/5).
 
Beberapa hal yang diusulkan KN JP2B kepada KPU RI antara lain mengenai batas maksimal masa bakti anggota KPU, perekrutan anggota KPU yang berjenjang, catatan mengenai proses tahapan pemilu dan pilkada, hingga metode pemilihan tim seleksi anggota KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota.
 
Menanggapi hal tersebut, Anggota KPU RI Pramono Ubaid Tanthowi menyampaikan apresiasi atas beberapa catatan mengenai penyelenggaraan pemilihan di daerah. Ia berpendapat catatan tersebut membuktikan bahwa peran serta masyarakat semakin besar terkait proses demokrasi yang saat ini tengah berlangsung.
 
“Kami secara umum menerima dengan tangan terbuka catatan dari bapak-bapak. Ini merupakan bagian dari kepedulian masyarakat sipil yang memang kita harapkan tumbuh makin kuat. Dengan tumbuh dan kuatnya peran masyarakat sipil, maka kita berharap demokrasi di Indonesia, khususnya di tingkat lokal juga semakin berkembang,” tuturnya.
 
Mengenai proses seleksi anggota KPU di provinsi, dan kabupaten/kota, Pramono menjelaskan bahwa KPU RI berkomitmen untuk mengatur proses tersebut agar dengan baik dan berintegritas.
 
Ia mengatakan, sejak pemilihan tim seleksi, KPU berupaya menghadirkan tokoh-tokoh masyarakat yang memiliki legitimasi dan memiliki kredibilitas yang baik dari kacamata masyarakat luas.
 
“Bahwa dalam proses seleksi itu kita betul-betul ingin menyaring sejak dari timsel nya itu memang orang-orang yang punya legitimasi, punya kredibilitas yang baik di masyarakat. Sehingga hasil dari proses seleksi itu juga mendapat dukungan yang luas dari masyarakat,” kata Pramono. 
 
sumber : http://kpu.go.id/index.php/post/read/2017/6084/KPU-RI-KN-JP2B-Gelar-Audiensi-Bahas-Penguatan-Penyelenggara-Pemilu/berita-terkini


Komentar :



0 Komentar :