BUPATI AKAN BANTU PERBAIKAN RUMAH WARGA KORBAN BANJIR

PEMKAB.LAHAT Senin, 13 Januari 2020 09:12:20 Umum 23

Lahat- Pemerintah Kabupaten Lahat dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan membantu perbaikan rumah yang mengalami kerusakan akibat terjangan banjir bandang yang berada di Kecamatan Kikim Timur.

Pada saat kejadian bencana banjir, Bupati Lahat langsung memerintah Camat Kikim Timur dan Kepala Desa untuk segera melakukan tanggap darurat serta mendata para korban. Selain itu juga, seluruh pihak terkait seperti BPBD, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan PUPR serta yang lainnya untuk cepat tanggap darurat.

Bupati Lahat Cik Ujang, S.H bersama Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan Rosidin Hasan meninjau korban banjir serta menyalurkan bantuan baik dari Pemerintah Kabupaten Lahat maupun Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Sabtu 11/1. Pihaknya menegaskan bahwa rumah yang rusak maupun hanyut yang terkena dampak banjir bandang akan dibantu perbaikannya.

“Untuk rumah – rumah yang telah rusak dan hanyut, akan kita bantu dirikan kembali, apabila sebelumnya terbuat dari papan akan kita buat dari beton.
Himbauan kepada masyarakat untuk berhati – hati dan sedikit prihatin serta untuk tidak membuang sampah sembarangan, jangan mendirikan rumah atau bangunan di daerah aliran sungai yang nantinya akan terjadi longsor apalagi dipinggir tebing,”tuturnya
Terkait dengan meluapnya air sungai kikim, Bupati Lahat berharap kepada pemilik tanah yang berada seberang sungai, untuk dapat menghibahkan sebagian tanahnya untuk kemudian pihaknya dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Lahat akan melakukan pengerukan dan akan didalami kemudian tanah hasil pengerukan akan dialihkan pada bagian pinggir sungai yang mengarah ke permukaan dan jalan. Terkait pembangunan bronjong, akan kita koordinasikan dengan pihak terkait.

Dijelaskannya bahwa pada hari pertama Ketua TP PKK Kabupaten Lahat sudah datang langsung meninjau bencana banjir tersebut dan dilanjutkan pada hari kedua Wakil Bupati Lahat H. Haryanto.SE MM MBA beserta Ketua GOW Lahat Hj. Sumiati Haryanto, S.Pd.

“Dikarenakan pada saat kejadian saya sedang berada di Jakarta, akan tetapi telah memeritahkan kepada seluruh pihak terkait untuk cepat tanggap. Setelah pulang semalam, saya langsung ke lokasi bencana banjir,”katanya